Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Selatan

PALEMBANG –  Untuk memberikan pedoman tentang tugas pokok dan fungsi Pembina Siaga di Gugusdepan. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah (Pusdiklatda) Gerakan Pramuka Sumatera Selatan selenggarakan kegiatan Orientasi Kepramukaan bagi Pembina Siaga di Bumi Perkemahan H. Imam Sumantri Gandus Palembang, Minggu (12/05/2024).

Ketua Pelaksana Orientasi Kepramukaan Siaga H. Suminarto melaporkan bahwa kegiatan Orientasi Kepramukaan Siaga ini diikuti oleh 126 peserta yang terdiri atas guru dan pembina pramuka siaga yang ada di Gugusdepan se-Sumatera Selatan.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Ketua Kwarda Sumsel Bidang Bina Anggota Dewasa Dra. Hj. Sumaiyah MZ MM. turut hadir Wakil Ketua Kwarda Sumsel Bidang Bela Negara Drs. H. Rusli Nawi SDP M.Si, Kepala Pusdiklatda Dra. Hj. Yuli Riati MM, Perwakilan Polsek Gandus, Ketua DKD Sumatera Selatan Agung Prayogi, SH, Ketua Pelaksana Orientasi Kepramukaan Siaga H. Suminarto serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kak Sumaiyah berpesan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini sampai tuntas, agar seluruh peserta dapat memahami tugas pokok dan fungsi Pembina Siaga yang sesungguhnya sehingga mampu berperan aktif dalam memberikan bantuan kepada gugus depan dan kwartirnya.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena guru/calon pembina pramuka di Gugusdepan yang berpangkalan di Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) perlu mendapat informasi tentang Dunia Kepramukaan Siaga. Harapan kami kakak-kakak peserta Orientasi Kepramukaan Siaga Tahun 2024 ini mampu memperkuat barisan Pembina Siaga dan bersama-sama membina Pramuka Siaga di Gugusdepan,” ujarnya.

“Kami juga berterima kasih kepada Kwarcab se-Sumsel yang telah berpartisipasi mengutus guru dan calon Pembina Siaga. Semoga dapat memberikan manfaat bagi Gerakan Pramuka khususnya di Sumatera Selatan,” pungkasnya.

Materi pada kegiatan Orientasi Kepramukaan Siaga ini di sampaikan oleh Korps Pelatih Kwarda Sumsel yang telah memiliki Surat Hal Latih. Kegiatan dibuka dengan materi tentang Orientasi Kursus dan Dinamika Kelompok di sampaikan oleh Kak Fajar Kamizi, S.H.I., MH., materi tentang Fundamental Gerakan Pramuka (UU No. 12 Tahun 2010 tetang Gerakan Pramuka serta AD dan ART Gerakan Pramuka) disampaikan oleh Kak Dra. Hj. Yuli Riati MM., materi tentang Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan (PDK & MK) disampaikan oleh Kak Diana Yulianty, S.Pd., M.Pd. dan materi tentang Peran, Tugas dan Fungsi Pembina Siaga disampaikan oleh Kak Budhi Parmono.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi di lapangan terbuka (outdoor) yang terdiri dari permainan siaga, studi kasus dan refleksi. Kemudian kegiatan ditutup dengan upacara penutupan dan pembagian sertifikat peserta orientasi.

***

(mfh)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *